jumlah pengintip blogku

PENGALAMANKU MENJADI DELEGASI

KONFERENSI ANAK 2008

1. Sabtu, 25 Oktober 2008

Pukul 19.50 bbwi Aku berangkat dari Stasiun Madiun naik Kereta Api Eksekutif BIMA. Berhubung hari sudah malam, selama perjalanan aku lebih banyak tidur. Aku sholat subuh di kereta.

2. Minggu, 26 Oktober 2008

Pukul 08.00 bbwi aku tiba di Stasiun Gambir, Jakarta. Di sana sudah menunggu mobil jemputan dari Majalah Bobo. Aku mulai berdebar-debar, bersiap mendapat pengalaman baru yang mungkin seumur hidup hanya sekali. Dari Gambir, Aku bersama Ayah, Mbak Nana (delegasi dari Magetan) bersama ibunya diantar langsung ke penginapan di Wisma PKK Melati Jaya, Kebagusan. Untuk sementara, aku satu kamar bersama ayah, akan tetapi nantinya semua pendamping atau orang tuanya akan dipindahkan ke penginapan di Wisma Handayani, di Cipete. Tetapi aku tidak takut, sebab di kamar ini sudah dilengkapi dengan kamar mandi, jadi aku tak perlu takut kalau malam-malam pengin ke kamar kecil. Bahkan kamar ini dilengkapi AC, jadi aku tidak takut kepanasan. Dan satu lagi, aku sudah dua kali ikut pondok romadhon, jadi aku tidak takut berpisah dengan ayah. Karena kecapekan aku segera mandi dan tidur.

Pukul 12.00 bbwi : Setelah sholat dhuhur, aku segera menuju lantai 1 (kamarku di lantai 3) untuk makan siang.

Pukul 14.00 bbwi : Semua delegasi dan orang tua diberi pengarahan, kemudian kami dipisah, peserta delegasi pindah kamar, dan mendapat teman satu kamar peserta delegasi yang lain, sementara orang tua berangkat ke Wisma Handayani di Cipete.( Orang tua mempunyai jadwal sendiri).

Setelah berpisah dengan orang tua, kami dibagi menjadi 8 kelompok, supaya lebih akrab dan lebih mudah mengingat, kami berkenalan dengan teman sekelompok lebih dahulu. Dalam satu kelompok kami membuat yel-yel kelompok. Membuat yel selesai, kami kembali ke kamar untuk istirahat, mandi, sholat ashar dan maghrib , dan makan malam. Kamarku dipindah ke lantai 4 ( wah..angkut-angkut lagi nih..!). Aku sekamar dengan Rico, delegasi dari Magelang.

Pukul 19.00 bbwi : Sebelum acara dimulai kami diberti waktu 30 detik untuk berkenalan ( apa cukup tuh..? ya cukup, wong sebenarnya kami sudah berkenalan sendiri waktu ishoma sore tadi). Acara dilanjutkan Sesi 1 : Teknik bertanya, berbicara dan mendengarkan bersama Ibu Heni Supolo Sitepu (beliau orang beken, lho!) Di sini kami diajarkan tata cara dan etika bertanya, berbicara dan mendengarkan, sebagai bekal bagi kami untuk mengikuti konferensi. Acara ini diakhiri dengan permainan yang menyenangkan untuk lebih mengakrabkan peserta delegasi.

Pukul 21.00: Kami masuk kamar untuk istirahat. Di kamar aku sholat Isya', menulis diari sambil ngobrol dengan Rico, selanjutnya ..zzz..zzzz..

3. Senin, 27 Oktober 2008

Pukul 05.00 bbwi : Aku menunaikan sholat subuh dan mandi. Aku turun ke lantai 1 untuk mencari camilan, soalnya di lantai 1 disediakan camilan, tau sendiri kan kalau aku enggak tahan lapar..he..he..

Pukul 08.00 bbwi : Para delegasi melakukan gladi bersih upacara pembukaan, dilanjutkan makan pagi.

Pukul 10.00 bbwi : Bismillahirohmannirrohim, kami melaksanakan upacara pembukaan. Alhamdulillah..acaranya berjalan lancar.

Pukul 12.00 bbwi : Aduh..aku sudah lapar, jadi langsung makan siang, habis itu aku langsung sholat dhuhur.

Pukul 13.00 bbwi Sesi 2 : Pada sesi ini kami dipandu oleh Bapak Sonny Keraf (mantan Menteri Lingkungan Hidup). Mula-mula kami diberi kesempatan menyaksikan film tentang global warming, setelah itu dilanjutkan Tanya jawab dan mengajukan saran dan pendapat yang berkaitan dengan global warming, tapi sayang, aku tidak sempat mengajukan usul, karena banyak peserta sementara waktunya terbatas.

Pukul 16.00 bbwi : Kami istirahat, mandi, sholat ashar, bersantai-santai sambil lihat TV ( Setiap kamar disediakan TV sendiri-sendiri. Enak, ya..!) sholat maghrib, makan malam.

Pukul 19.00 bbwi Sesi 3 : Kami melakukan diskusi kelompok tentang pengertian, penyebab, akibat, dan cara pencegahan global warming. Di sini kami saling menyampaikan usul dalam kelompok dipandu oleh pembimbing kelompok, yaitu Bapak Sulaiman. Acara ini ditutup dengan permainan yang diciptakan oleh kakak-kakak pembimbing.

Pukul 21.00 bbwi : Aku sholat Isya', membuat journal dan mengisi diari, terus…zzz..zzzz……

4. Selasa, 28 Oktober 2008

Pukul 05.00 bbwi : Seperti biasa aku bangun dan sholat subuh.

Pukul 05.30 bbwi : Kami melakukan senam pagi bersama dipimpin oleh kakak-kakak panitia. Huuahhh, segar….! Setelah senam kami mandi dan makan pagi.

Pukul 07.00 bbwi : Kami berangkat menuju Villa Delima di Lebak Bulus.

Pukul 09.00 bbwi : Kami sampai di Kelompok Tani Sangga Buana Lebak Bulus. Kami masuk ke sesi 4 : Bersahabat dengan alam . Kami dibagi menjadi 2 kelompok , masing-masing kelompok bergantian melakukan kegiatan mengingat terbatasnya fasilitas. Aku masuk kelompok2 . Kegiatan pertama kami diajak berjalan mengelilingi hutan yang menghijau. Di sini kami bisa melihat pohon yang sudah berumur ratusan tahun, melihat tanaman langka, pohon tempat bersarang dan berkembangbiaknya burung-burung, tupai, dan binatang lain yang hidup di alam bebas. Di sini juga banyak tanaman produktif seperti mangga, jengkol, pohon enau, nangka, durian, rambutan dan masih banyak lagi. Kami juga melewati perkampungan yang hijau, di kampung delima. Di tengah hutan kami juga melakukan penanaman pohon. Kebetulan yang aku tanam adalah pohon salam. Untuk mengendurkan otot, kami bermain game bersama-sama relawan yang bersama-sama dengan kami ikut melakukan penghijauan.

Setelah itu bergantian dengan kelompok 1 kami diajak "Arung Jeram". Kami semua diberi baju pelampung untuk standar keselamatan, setelah itu kami naik perahu karet menyusuri sungai "Kali Pesanggrahan" di Lebak Bulus. Arusnya tidak terlalu deras, sehingga aku tidak ngeri seperti olahraga arung jeram yang biasa kulihat di TV, tapi aku sangat senang. Di tengah perjalanan kami melepaskan bibit ikan mujair untuk menjaga kelangsungannya.

Pukul 13.00 bbwi; Kami makan siang bersama di tengah rerimbunan pohon sambil mendengarkan cerita Mang Idin ( Ketua Kelompok Tani Sangga Buana. ) . Mang Idin bercerita tentang asal mula Jakarta, dan Jakarta 20 tahun yang lalu ketika masih banyak pepohonan belum sepadat sekarang. Mang Idin juga meminta kami untuk mencari cerita tentang legenda daerah masing-masing, jika kami sudah kembali ke daerah asal. Setelah berfoto bersama para relawan dan Mang Idin kami kembali ke Jakarta.

Pukul 16.30 bbwi : Kami kembali ke penginapan, karena celana kami penuh lumpur, setelah mandi kami menjama' sholat Dhuhur dan Ashar, karena sayang sekali tempat Mang Idin yang sejuk tidak dilengkapi dengan Mushola( Usul ya Mang, kalau bisa disediakan mushola.. biar kita lebih betah dan nyaman berkunjung ke sana. ) Karena kecapekan, aku tertidur sampai alarm HPku berbunyi tanda waktu Maghrib. Akupun segera menunaikan sholat Maghrib dan makan malam untuk mempersiapkan sesi berikutnya.

Pukul 19.00 bbwi : Kami memasuki sesi 5, Memantapkan Deklarasi. Kami berdiskusi lagi untuk menyusun kesimpulan dari diskusi yang telah kami laksanakan kemarin. Akhirnya kami berhasil menyusun deklarasi yang akan kami bacakan pada acara puncak penutupan Konferensi Anak 2008 tentang Global Warming besok.( Bisa dilihat di lampiran..!)

Pukul 21.00 bbwi : Karena terlalu capek, setelah Sholat Isya' dan mengisi journal suasana langsung sepi. …zz..zz..

Rabu, 29 Oktober 2008

Pukul 05.00bbwi : Aku bangun tidur dan melaksanakan sholat subuh. Setelah mandi dan makan pagi, aku siap mengikuti acara hari ini.

Pukul 07.30 bbwi : Kami menyusun doa dan memilih wakil delegasi yang akan membacakan deklarasi. Yang terpilih membacakan deklarasi adalah Tiara, Daniel, Gheni, dan Ratu. Sementara Martin bertugas membaca doa, Goro dan Thoriq bertugas membacakan karyanya, sementara aku yang bersuara keras menjadi komandan yel-yel, bertugas memimpin delegasi meneriakkan yel-yel"Lets..be..the.. greeners..!

Pukul 12.00 bbwi : Aku sholat dhuhur dan makan siang sambil istirahat siang. Sementara delegasi yang bertugas pada upacara penutupan berlatih bersama kakak-kakak panitia.

Pukul 15.30 bbwi : Kami berlatih untuk Upacara Penutupan besok (Gladi Kotor Upacara Puncak Konferensi Anak 2008)

Pukul 16.30 bbwi : Kami istirahat, seperti biasanya aku mandi sholat Ashar, Sholat Maghrib dan makan malam.

Pukul 19.00 bbwi : Kami melanjutkan berlatih yel-yel dan memilih tempat duduk, sambil memantapkan persiapan kami untuk melaksanakan Upacara puncak acara penutupan di Jalan Panjang 8A.

Pukul 20.00 bbwi : Kami beristirahat lebih awal. Aku segera menunaikan sholat Isya , mengisi Journal, dan segera tidur agar besok kami tidak terlambat bangun , jika pagi-pagi harus sudah berangkat ke jalan Panjang 8A.

Kamis, 30 Oktober 2008

Pukul 04.30 bbwi : Aku bangun lebih awal, sholat subuh dan makan pagi, karena jam 06.00 kami sudah harus berangkat ke jalan panjang .

Pukul 08.00 bbwi : Kami sampai di jalan panjang dan segera melakukan Gladi Bersih Upacara Puncak Konferensi Anak 2008.

Pukul 09.30 bbwi : Bismillahirrohmanirrohim, Upacara puncak diawali dengan

a. paduan suara dari SD Al Izzra,

b. tari topeng Betawi, kemudian

c. para delegasi dipanggil satu persatu untuk menduduki Kursi kebesarannya masing-masing, dilanjutkan

d. Sambutan dari

1. Presiden Direktur PT Sari Husada,

2. Pemimpin Redaksi Majalah Bobo, Kompas, Gramedia,

e. Pembacaan karya perwakilan delegasi

f. Pembacaan Deklarasi :

DEKLARASI KONFERENSI ANAK 2008

Kami tahu, pemanasan global adalah suhu bumi yang meningkat

Kami tahu, penyebab pemanasan global antaran lain:

· Polusi udara

· Penebangan hutan secara liar

· Menggunakan kulkas dan AC yang berbahan CFC,

· Terlalu banyak kendaraan bermotor

· Penggunaan bahan kimia yang berlebihan

· Pemakaian listrik dan stirofoam yang berlebihan

· Penggunaan bahan merkuri

· Penggunaan bahan bakar yang berlebihan

· Menggunakan bahan peledak

· Efek rumah kaca

· Tidak mendaur ulang sampah dan barang bekas

Kami tahu, dampak pemanasan pemanasan global antara lain :

· Mencairnya es di kutub, yang mengakibatkan permukaan air laut meninggi sehingga dapat merendam pulau-pulau kecil di dunia.

· Kekeringan mengakibatkan gagal panen sehingga terjadi kelaparan

· Terjadi musibah banjir, tsunami dan tanah longsor

· Udara menjadi panas

· Populasi flora dan fauna akan lenyap

· Menipisnya lapisan ozon

· Cuaca dan musim tidak menentu

· Abrasi pantai

· Munculnya penyakit-penyakit baru

· Hutan menjadi gundul

· Memudarnya warna terumbu karang di lautan

· Pohon sulit berbuah dan berbunga lagi

· Banyak badai dan angina topan

· Meningkatnya CO2 pada lapisan bumi

· Ikan-ikan tidak mau bertelur

· Dapat menyusahkan penjual es krim

Kami tahu, kami dapat memperlambat pemanasan global dengan cara lain :

· Penanaman pohon atau reboisasi

· Memisahkan sampah organic dan an organic

· Jika pergi ke tempat dekat bersepeda atau jalan kaki

· Membuat lubang penyerapan air

· Hemat dalam pemakaian listrik

· Mencabut stop kontak setelah selesai dipakai

· Mengurangi pemakaian bahan kertas

· Sampah organic dibuat menjadi kompos

· Menjaga flora fauna agar tetap hidup dan tidak punah

· Jika ingin membeli jajanan yang harus dibungkus, sebaiknya membawa kotak makanan sendiri

· Mengajak orang-orang agar menjadi penghijau

· Menjadi vegetarian

· Bersama-sama membersihkan sungai yang dipenuhi sampah

· Membawa tas belanja sendiri, tidak perlu menggunakan plastic

· Menggunakan AC alam atau angina

· Mengurangi penggunaan air panas untuk mandi

Kami ingin mengusulkan kepada pemerintah untuk :

· Setiap keluarga menanam pohon sesuai jumlah anggota keluarga

· Memperbanyak taman kota agar kota lebih sejuk

· Membuat lebih banyak jalur hijau

· Di atas gedung bertingkat dibuat taman yang sejuk

· Membuat kendaraan berbahan bakar matahari

· Jika menebang 1 pohon, harus menanam 10 pohon

· Memberi penghargaan pada masyarakat penjaga lingkungan

· Menggunakan air sebagai sumber energi

· Menambah tempat "No smoking area"

· Naik jemputan sekolah, dan tidak naik kendaraan pribadi

· Kendaraan tua (bemo dan bajaj) dihentikan operasinya karena asapnya terlalu banyak

· Mengurangi pembuatan kendaraan bermotor berbahan bakar minyak

· Membuat jalur khusus sepeda

· Pemerintah memberi modal kepada pengangguran agar mengolah sampah plastic menjadi barang berguna

· Menambah gaji pembersih jalan jika rajin

· Setiap 3 angkot dijadikan 1 bus, salah satu sopir menyetir, yang lain diberi modal oleh pemerintah

Jakarta, 30 Oktober 2008

Delegasi konferensi Anak 2008

Selanjutnya deklarasi diserahkan kepada Ibu Sri Hudyastuti mewakili Menteri Lingkungan Hidup Ir. Rahmat Witoelar untuk disampaikan kepada presiden.

g. Sambutan Menteri Lingkungan Hidup

h. Doa penutup

i. Yel-yel Delegasi ( We are the greeners…we are the best ! Lets be the greeners…dst, aku yang mengomandani, lho!)

j. Pemberian penghargaan dan kenang-kenangan secara simbolis. Alhamdulillah..acara usai!)

Pukul 12.00 bbwi : Makan siang dan langsung berangkat ke Dufan. Kali ini kami sudah berkumpul kembali dengan orang tua masing-masing untuk persiapan pulang.

Pukul 14.00 bbwi : Kami sampai di dufan. Aku bermain perang bintang, Roller Coaster, Rumah miring, lorong sesat, poci-poci. dan tornado (mumpung gratis,..!)

Pukul 16.00 bbwi : Aku sholat Ashar dan Dhuhur dijama', sebab tadi siang kami langsung berangkat ke dufan. Setelah sholat aku melanjutkan bermain arung jeram, karena kecapekan, waktu arung jeram aku mimisan, untunglah ayah sudah hapal kalau aku terbiasa mimisan, sehingga bisa cepat mengatasinya sehingga tidak membuat panik delegasi yang lain. Kemudian aku juga bermain istana boneka, melihat permainan sulap, kicir-kicir, dan bom-bom car.

Pukul 17.30 bbwi : Kami kembali ke penginapan.Kami makan sore di bis, dengan box makan, bis tidak berhenti, jadi kami terpaksa kembali menjama' sholat di penginapan. Sampai di penginapan waktu sudah menunjukkan pukul 19.45 bbwi, jadi aku dan ayah cepat-cepat mandi dan menjama' sholat Maghrib dan Isya'. Aku tak sempat menulis diari, biarlah kutulis besok saja.

Jum'at 31 Oktober 2008

Pukul 05.00 bbwi : Aku bangun pagi dan sholat subuh , dilanjutkan mandi dan mengemasi barang-barangku yang begitu banyak. Aku juga diberi pohon salam untuk ditanam di rumah ( He..he..jauh-jauh dari Jakarta kok cuma bawa pohon salam,…!) Dari Bobo juga di beri buku-buku terbitan Gramedia, kalau ada yang berminat boleh meminjam, ada dongeng dan cerpen yang bagus untuk anak-anak.

Pukul 13.00 bbwi : Setelah Sholat Jum'at aku segera pulang. Karena kembali kehabisan tiket kereta, aku pulang naik bis, jadi lebih lama dan agak tersendat.

Sabtu,01 November 2008

Pukul 10.00 bbwi Alhamdulillah..! aku sudah sampai di rumah. Aku benar-benar mendapat pengalaman dan ilmu yang sangat berharga. Badanku capek, tapi aku senang dan puas, ingin rasanya aku ikut lagi tahun depan, tapi kata Bunda, aku harus memberi kesempatan kepada teman-teman yang lain untuk ikut berpartisipasi, jadi mungkin tahun depan kalau teman-teman berminat silakan ikut mendaftar, aku juga akan mendukung adikku untuk ikut lagi, karena tahun ini adikku belum terpilih jadi delegasi. Oke…. selamat mencoba ya…!. Back to school….!

Lebih aman saat online.
Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan IE8 di sini!