jumlah pengintip blogku

Jumat, 30 Juli 2010

Pelajari dari sekarang

PILIH RSBI, AKSELERASI, ATAU REGULER.



Assalamu'alaikum wr.wb......
Alhamdulillah....Aku sudah duduk di kelas VII SMP 1 Madiun. Adik-adik kelasku sekarang tentunya sudah kelas 6 ya. Pasti ada juga yang sudah mulai kasak-kusuk mengincar sekolah ya...? Aku mau sharing nih, siapa tau bermanfaat. Sebenarnya semua sekolah itu baik, tergantung apa yang kita inginkan dan sesuai dengan keinginan kita, yang tentunya didukung ortu kita masing-masing. Mungkin ada teman-teman yang sudah masuk pondok ya...Aku ucapkan selamat deh, kapan-kapan mungkin bisa sharing juga ya, tentang seluk beluk penerimaan dan tatacaranya. Kalau aku mau sharing yang di SMP umum saja deh, sesuai yang aku tahu, khususnya di SMP 1 Madiun, di sini ada 3 kelas, yaitu :
1. Kelas Reguler. Di SMP 1 Madiun hanya ada satu kelas, penerimaannya menggunakan ranking nilai UASBN. Pembelajarannya sesuai dengan SMP pada umumnya.Dengan lama belajar 3 tahun.

2. Kelas RSBI : Penerimaannya sudah dimulai sekitar bulan Februari dengan tes tertulis, lesan dan komputer.Untuk nilai rapor dipersyaratkan rata-rata minimalnya 7. Tapi sebagian besar nilai USBNnya rata-rata di atas 8, lho. Bahkan banyak yang nilai rata-ratanya di atas 9. Nantinya yang sudah lolos semua tes akan diterima sementara sambil menunggu nilai USBN keluar.Untuk pembelajarannya, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi menggunakan bilingual, atau 2 bahasa, meski lebih ditekankan bahasa Inggrisnya. Untuk mata pelajaran lain sesuai dengan kurikulum normal. Lamanya 3 tahun.

3. Kelas Akselerasi atau kelas percepatan : Di sini pembelajarannya sama dengan kelas reguler, tapi lamanya hanya 2 tahun. Untuk matematika dan sains juga menggunakan bahasa Indonesia biasa, tidak seperti kelas RSBI, tetapi sama dengan kelas Reguler, hanya waktunya lebih cepat. Mulai tahun ajaran ini, kelas akselerasi di SMP 1 Madiun juga RSBI, jd mereka harus ikut tes kelas akselerasi, RSBI dan Ujian Nasional.  Jadi jangan bingung ya, membedakan kelas akselerasi dan kelas RSBI.....

Oke Adik-adik...kalau yang ingin masuk kelas reguler, silakan, kalau ada yang mau masuk kelas RSBI, dan ingin go internasional,sebaiknya mulai sekarang kursus Bahasa Inggris, jadi besok gak kebingungan, kalau yang ingin masuk akselerasi, harus rajin belajar, sehingga mempunyai kemampuan belajar lebih cepat, kalau yang ingin masuk reguler, belajar yang rajin ya, biar nilai USBNnya bagus. Terima kasih, jangan lupa jaga sholatnya, kalau teman-teman yang sudah SMP dan jauh seperti aku jangan lupa membawa sarung, jadi bisa sholat dulu di Mushola sekolah sebelum pulang, jadi tak tergesa-gesa.Bahkan bisa sholat berjamaah bersama teman-teman lain.  Khusus untuk SMP 1, jangan takut   kalau lupa membawa sarung, sebab di mushola sekolah tersedia banyak sarung. 
Wassalamu'alaikum Wr.wb.

Tidak ada komentar: